Cara Membuat atau Menambah Partisi HardDisk

 Cara Membuat atau Menambah Partisi HardDisk


Assalamualaikum
Ok Guys, sebelumnya saya ingin memperjelas dulu nih, bahwa artikel ini akan membahas beberapa kata kunci berikut:
  • Menambah/Mengurang Partisi Harddisk
  • Membagi Harddisk menjadi beberapa partisi
  • Menambah atau mengurangi kapasitas Harddisk
Sebelum saya melangkah ke langkah-langkahnya, alangkah baiknya, jika saya memperjelas beberapa kata kunci yang saya tulis diatas, sangat penting bagi penulis untuk menjelaskan beberapa hal sebelum melangkah lebih jauh, hal berguna untuk menghindari kesalahan penafsiran pada si pembaca.

Harddisk adalah perangkat keras laptop yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan, Harddisk tetap dapat mempertahankan file-file simpanan meskipun dalam keadaan mati, Harddisk memiliki peran yang penting dalam PC, dengan adanya Harddisk kita dapat mengoperasikan Sistem Operasi yang kita tanamkan dalam PC kita. 

Partisi Harddisk adalah pembagian ruang Harddisk menjadi bebarapa bagian, yang biasanya dibagi menjadi 3 bagian, yaiut Local Disk C,D dan E. Sedangkan Kapasitas Harddisk adalah kemampuan menyimpan Harddisk atau seberapa besar file yang bisa Harddisk tampung.

Pada Umumnya Harddisk dibagi menjadi 3 partisi saja, Local Disk C dikhususkan sebagai tempat penyimpanan OS dan software tambahan, sedangkan Local Disk D dan E, adalah partisi yang sengaja disiapkan untuk digunakan oleh pengguna. Hanya sekedar info nih guys, Kapasitas Harddisk sekarang, sudah menembus kapasitas 1 Yottabytes loh. Buat yang belum tahu, 1 Yottabytes itu berapa? ini penjelasannya
  • 1 YottaBytes = 1000 ZettaBytes
  • 1 ZettaBytes = 1000 ExaBytes
  • 1 ExaBytes = 1000 PetaBytes
  • 1 PetaBytes = 1000 TeraBytes
  • 1 TeraBytes = 1000 GigaBytes
Ok, deh segitu aja infonya, sekarang kita praktekin caranya

Pada langkah ini, perubahan yang terjadi adalah, menambah/mengurangi partisi Harddisk anda, yang sekarang  terbagi menjadi 3 partisi yaitu Local Disk C,D dan E.

A. Menambah Partisi Harddisk

1. Buka Control Panel, dengan menekan Windows + Pause Break pada keyboar
2. Ketik Partitions, kemudian klik Create and format Harddisk Partitions
3. Pilih Partisi yang ingin anda Shrink, saran, pilihlah partisi dengan kapasitas terbesar
4. Klik kanan, lalu Shrink Volume. lalu tuliskan 10000 untuk 10 GB dan 20000 untuk 20 GB dan seterusnya. lalu shrink
5. Kemudian, klik kanan pada partisi yang baru saja dishrink, lalu pilih new simple volume
6. Pilih Next > Next > Next Lagi
7. Finish
Biasanya Partisi Harddisk yang baru kita buat tadi, diberi nama New Volume, anda bisa mengganti namanya di Windows Explorer

B. Mengurangi Partisi Harddisk

Hampir sama dengan cara sebelumnya, pada tahap Mengurangi Partisi Harddisk saya anggap anda sudah masuk ke langkah ke 3, yang saya sebutkan diatas, lalu:
4. Klik kanan pada partisi yang ingin dihapus, pilih Delete Volume > Yes
5. Klik kanan lagi, pilih delete partition > Yes
setelah itu Volume yang telah anda hapus tadi, anda extend ke partisi lainnya
6. Klik kanan pada partisi lain bukan pada partisi yang telah anda hapus tadi, pilih extend volume
7. Next aja terus
8. Finish

Seperti yang saya sebutkan diatas, saya akan membahas 3 kata kunci yaitu
  • Menambah/Mengurang Partisi Harddisk
  • Membagi Harddisk menjadi beberapa partisi
  • Menambah atau mengurangi kapasitas Harddisk
Mungkin anda bertanya-tanya, kenapa hanya kata kunci pertama yang saya bahas? Jawabannya adalah sebenarnya ketiga kata kunci ini memiliki hubungan satu sama lain, disaat anda ingin menambah jumlah partisi Harddisk anda artinya anda telah mengurangi kapasitas partisi lain dan membagi partisi yang awalnya hanya satu bagian menjadi 2 bagian yang berbeda, begitupun sebaliknya, pada saat anda ingin mengurangi jumlah partisi Harddisk, artinya anda telah menambah kapasitas partisi lain, karena adanya proses extend (menggabungkan partisi yang tidak terpakai/unallocated, kedalam partisi aktif)

Bagaimana Guys? mudah bukan, ingat pada saat anda membaca artikel tutorial, saya sarankan untuk tidak melangkahi satu step atau bahkan paragraf, karena akibatnya anda akan kehilangan jejak pada saat anda memaksakan untuk langsung membaca langkah selanjutnya, maka dari itu bacalah dengan seksama, setiap kalimat dan katanya. Semoga Bermanfaat.
Load disqus comments

0 komentar