Cara Mengetahui ID Widget pada Blog

Blog Tips

Pernahkah anda, menanyakan apa itu ID Widget? dan apa fungsinya? pada saat kamu ingin mengedit template blog kamu, apakah itu membuat widget mengikuti scroll, memasang halaman facebook pada blog dan lainnya, semua itu membutuhkan ID Widget.

Mari kita perjelas apa itu ID Widget? ID Widget adalah Identitas Widget blog kamu yang tercantum dalam Template blog kamu, biasanya diberi nama seperti, "HTML1, PopularPosts2, Blog1". Lalu, fungsi ID Widget adalah biasanya dibutuhkan untuk membuat widget mengikuti scroll, membuat halaman facebook tampil di blog dan lainnya.

Widget

Jika menurut anda, Popular Posts dan Recent Posts adalah ID Widgetnya, maka itu adalah kesalahan besar, Popular Posts dan Recent Posts hanyalah nama pada widget, nama yang akan muncul pada saat blog dibuka. Tapi itu tidak masalah jika anda belum mengerti tentang ID Widget itu apa? karena hal itu juga pernah aku rasakan.

Mari kita perjelas apa perbedaan antara ID Widget dan Nama Widget! Kode HTML ini saya ambil dari template blog saya sendiri.

<b:widget id='HTML1' locked='false' title='Recent Posts' type='HTML' version='1' visible='true'>
        <b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.isMobileRequest == &quot;false&quot;'>
  <!-- only display title if it's non-empty -->
  <b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
    <h2 class='title'><data:title/></h2>
  </b:if>
  <div class='widget-content'>
    <data:content/>
  </div>

  <b:include name='quickedit'/>
</b:if>
</b:includable>
      </b:widget>

Dari kode diatas, sangat jelas sekali terlihat perbedaan antara ID Widget dan Nama Widget, yang berwarna kuning adalah ID Widgetnya sedangkan yang berwarna biru adalah Nama Widgetnya. Setelah anda mampu membedakan ID Widget dan Nama widgetnya, aku akan menjelaskan cara mendapatkan ID Widgetnya.

Meskipun di blog-blog lain, memberikan 4-5 Cara yang berbeda, tapi menurutku, ada 3 cara yang paling cepat dan mudah dimengerti, yaitu

A. Cara Pertama

1. Buka Blogger.com
2. Pilih tata letak
3. Setelah itu, gerakkan Cursor kamu tepat diatas kata yang bertulisan edit (jangan diklik) yang sedang kamu cari IDnya lalu, akan muncul dibawah Link widgetnya, yang juga terdapat ID Widget

ID Widget

B. Cara Kedua

1. Masih di Tata letak
2. Klik edit pada Widgetnya


C. Cara Ketiga

1. Buka Blogger.com, Pilih Template
2. Edit HTML
3. Tekan Ctrl+F pada keyboar kemudian ketikkan Nama Widgetnya.

<b:widget id='HTML1' locked='false' title='Recent Posts' type='HTML' version='1' visible='true'>

Yang berwarna kuning adalah ID Widgetnya

Sekian, Artikel mengenai Cara Mengetahui ID Wiget pada Blog, semoga dapat membantu dan Thanks For Reading.
Load disqus comments

0 komentar